Peran Sekolah di dalam Proses Akreditasi
Sebagai Mitra
Sebagai penyelenggara layanan pendidikan, Sekolah/Madrasah adalah mitra negara dalam menyediakan layanan pendidikan bagi anak-anak bangsa. Sebagai mitra, maka posisi Anda adalah setara. Walaupun akreditasi merupakan bentuk asesmen kinerja, namun Sekolah/Madrasahlah pemilik dari setiap data kinerja; dan karenanya proses asesmen ini adalah untuk Sekolah/Madrasah, serta hasilnya berhak digunakan demi perbaikan berkelanjutan. Sebagai catatan: biaya untuk pelaksanaan visitasi ditanggung oleh pemerintah (tidak dibebankan kepada satuan pendidikan).
Memberikan Informasi Secara Jujur
Akreditasi ibarat pemantik bagi satuan pendidikan untuk merefleksikan bagaimana cara agar dapat menjalankan amanah menyediakan layanan pendidikan dengan lebih baik. Ketidakjujuran dalam membagikan kinerjanya, akan menyesatkan Sekolah/Madrasah saat menjalani proses refleksi tersebut. Manfaatkanlah proses akreditasi sebagai kesempatan untuk memotret kinerja layanan pendidikan di satuan Pendidikan melalui dialog antara asesor dan satuan pendidikan.
Memberikan Umpan Balik
Sama halnya dengan Bapak/Ibu guru di satuan Pendidikan, BAN-PDM sebagai institusi juga memerlukan umpan balik agar dapat berkinerja dengan lebih baik. Saat mengikuti proses akreditasi, Sekolah/Madrasah akan diminta kesediaannya untuk memberikan umpan balik terhadap pengalaman yang Sekolah/Madrasah miliki.