Latihan Soal AKG Mapel Qurdits
Latihan soal AKG Mapel Al-Qur’an dan Hadits dirancang untuk membantu guru mempersiapkan diri dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Guru (AKG) di bidang pendidikan Agama Islam, khususnya yang berfokus pada pemahaman dan pengajaran Al-Qur’an serta Hadits. Tes ini bertujuan untuk menilai sejauh mana seorang guru menguasai materi-materi dasar serta kemampuan dalam menyampaikan ajaran Al-Qur’an dan Hadits kepada peserta didik.
Latihan soal ini bertujuan untuk menguji penguasaan guru terhadap berbagai aspek penting dalam Al-Qur’an dan Hadits, mulai dari tafsir, fiqh, asbabun nuzul (sebab turunnya wahyu), hingga penjelasan hadis-hadis sahih yang menjadi pedoman hidup umat Islam.
Baca Juga
- Berikut ini adalah dalil tentang sifat ikhlas yang terdapat dalam al-quran, kecuali…..
A. Surah Ghafir:14
B. Surah Al A’raf:29
C. Surah Az Zumar:11
D. Surah Ali Imron:13 - Orang yang meriwayatkan atau memberitakan hadist disebut…..
A. Matan
B. Sanad
C. Rawi
D. Rijalul hadist - Silsilah orang-orang yang menghubungkan kepada isi hadits disebut…..
A. Matan
B. Rawi
C. Sanad
D. Rijalul hadist - Ayat yang dapat diketahui maknanya dan memiliki satu makna serta dapat diketahui secara langsung tanpa memerlukan keterangan lain disebut…..
A. Tasyabuh
B. Makkiyah
C. Muhkam
D. Mutasyabih - Memindahkan bahasa Al-Qur’an ke bahasa lain agar dapat dibaca orang yang tidak mengerti sehingga dapat memahami kitab Allah swt lebih tepat dipahami sebagai…..
A. Takwil
B. Terjemah
C. Qiroat
D. Tafsir Jawaban - Sabda Nabi Muhammad saw, isi/kandungan hadits, atau lafal hadits itu sendiri disebut…..
A. Rawi
B. Matan
C. Sanad
D. Rijalul hadist - Hadist yang secara makna datang dari Allah, sementara redaksinya dari Rasulullah disebut…..
A. Hadist shahih
B. Hadist qudsi
C. Hadist hasan
D. Hadist maudhu
Latihan soal AKG Mapel Al-Qur’an dan Hadits ini diharapkan dapat membantu guru memperkuat pemahaman, keterampilan, dan kesiapan mereka dalam mengajarkan dua sumber utama ajaran Islam ini. Dengan pemahaman yang mendalam, guru dapat memberikan pendidikan yang lebih bermakna dan sesuai dengan ajaran Islam yang autentik, sekaligus memperkaya spiritualitas siswa.