Bukti Kinerja Pendidik Pada Butir 01
Setiap komponen memiliki turunan butir, dan setiap butir memiliki indikator kinerja. Saat layanan diakreditasi, maka asesor akan menilai keterpenuhan tiap indikator kinerja yang ada pada butir
Mari fiita pelajari butir dan indifiator fiinerjanya satu persatu
Butir 01 : Pendidik menyediakan dukungan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Butir ini mengukur kinerja pendidik dalam:
1. Menciptakan interaksi yang setara dan saling menghargai antara pendidik dan peserta didik.
Interaksi yang perlu terjadi adalah interaksi yang mencerminkan rasa menghargai, serta kesabaran yang berasal dari kesadaran bahwa setiap peserta didik pasti dapat memiliki kemampuan asalkan diberikan dukungan dan pendampingan yang memadai. Dalam memfasilitasi pembelajaran, pendidik mampu menghadirkan proses belajar yang sarat dengan interaksi positif antara pendidik dan peserta didiknya. Interaksi ini salah satu faktor penentu apakah peserta didik akan memaknai satuan pendidikan sebagai rumah kedua, atau sebagai lingkungan yang penuh beban.
_________________
Baca Juga
- Komponen dalam Instrumen Akreditasi 2024
- Prinsip yang Digunakan di dalam Instrumen Akreditasi Tahun 2024
- Peran Sekolah di dalam Proses Akreditasi
_________________
2. Memberi perhatian kepada peserta didik yang memerlukan dukungan lebih/khusus.
Dukungan dapat diberikan melalui berbagai cara, dan menjadi bukti kesadaran pendidik bahwa keberhasilan peserta didik mencapai suatu kompetensi/karakter adalah merupakan tanggung jawabnya sebagai pendidik.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan keterampilan sosial emosional.
Artinya, tujuan belajar meliputi upaya membangun kompetensi sosial dan emosional yang memadai pada peserta didik sehingga dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kompetensi ini terdiri atas kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab (Casel, 1994; DePaoli, et al, 2017).
4. Memberikan umpan balik yang membangun kepercayaan diri peserta didik bahwa kemampuan dirinya dapat terus berkembang ketika ia mau berusaha.
Saat mendampingi, umpan balik disampaikan oleh pendidik dengan cara yang membangun kepercayaan peserta didik. Umpan balik yang diberikan tidak bermaksud untuk melabel, dan berisikan informasi yang konstruktif sehingga menumbuhkan keyakinan dalam diri peserta didik bahwa ia mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi suatu situasi, atau self efficacy (Bandura, 1997).
PEMBUKTIAN
Indikator | Pembuktian Indikator | Bukti Dukung |
1. menciptakan interaksi yang setara dan saling menghargai antara pendidik dan peserta didik | Bukti 1. Melalui wawancara dengan minimal 3 pendidik dan/atau peserta didik, didapatkan informasi bahwa peserta didik mengalami proses pembelajaran yang saling menghargai antara pendidik dan peserta didik. 2. Melalui observasi kelas ditemukan fakta adanya interaksi yang setara dan saling menghargai antara pendidik dan peserta didik sehingga peserta didik merasa aman untuk bertanya, berpendapat, berdiskusi, dan tidak takut salah. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 terpenuhi. | RPP (siswa aktif, PSE)KSPDokumen Pembelajaran di kelas |
2. memberi perhatian kepada peserta didik yang memerlukan dukungan lebih/khusus. | Bukti: 1. Melalui telaah dokumen diperoleh bukti yang menunjukkan berbagai cara pendidik dalam memberikan perhatian kepada peserta didik yang memerlukan dukungan lebih/khusus seperti: instruksi pembelajaran yang berbeda, pendampingan tambahan, atau cara lain yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 pendidik diperoleh informasi bahwa pendidik memberi perhatian kepada peserta didik yang memerlukan dukungan lebih/khusus melalui berbagai cara. 3. Melalui observasi ditemukan fakta bahwa pendidik mampu mengidentifikasi adanya siswa yang perlu mendapat perhatian khusus dan menerapkan cara yang berbeda untuk murid-murid tersebut. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 atau 1 + 3 terpenuhi | KSPRPP (berdiferensisasi)Jurnal GuruDokumen Observasi Dokumen Pembelajaran |
3. memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional. | Bukti: 1. Melalui telaah dokumen diperoleh bukti bahwa pendidik memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional yang bertanggung jawab, contohnya dalam RPP, KOSP, hasil karya siswa, rapor, jurnal refleksi guru, dll 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 pendidik diperoleh informasi tentang bagaimana cara pendidik dalam mengembangkan kemampuan mengendalikan sosial emosional peserta didik, seperti: teknik STOP, ambil nafas, mengambil waktu untuk menenangkan diri, dan lainnya 3. Melalui wawancara dengan minimal 3 peserta didik diperoleh informasi tentang bagaimana cara guru dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional peserta didik, seperti: teknik STOP, ambil nafas, mengambil waktu untuk menenangkan diri, dan lainnya. 4. Melalui observasi ditemukan fakta bahwa pendidik memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional mereka seperti: membekali siswa dengan teknik-teknik menyelesaikan konflik, merujuk pada kesepakatan kelas untuk mengelola perilaku siswa, menumbuhkan kebiasaan refleksi dalam pembelajaran. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 + 3 atau Bukti 2 + 3 + 4 terpenuhi | KSPRPP (yang ada PSE), ada teknik STOPDeskripsi kinerja (hasil karya siswa, raport)Jurnal Guru |
4. memberikan umpan balik yang membangun kepercayaan diri peserta didik bahwa kemampuan dirinya dapat terus berkembang ketika ia mau berusaha | Bukti 1. Melalui telaah dokumen ditemukan umpan balik pendidik yang konstruktif, misalnya dalam dokumen rapor, umpan balik tertulis atas hasil kerja siswa, dan lain-lain. 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 orang guru, diperoleh informasi mengenai kapan guru memberikan umpan balik konstruktif dan bentuk-bentuk umpan balik konstruktif yang pernah ia berikan. 3. Melalui wawancara dengan minimal 3 orang siswa, diperoleh penuturan tentang pengalaman mendapatkan umpan balik (kapan, bentuknya seperti apa). 4. Melalui observasi pembelajaran di kelas diperoleh bukti bahwa pendidik memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 +2 + 4 atau 1+3 + 4 terpenuhi. | Raport siswa (ada umpan balik)Hasil kerja siswa (yang ada umpan balik dari guru)Asesmen FormatifDokumen Pembelajaran |