Pedoman MATSAMA Tahun Pelajaran : 2024/2025
Masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk madrasah untuk pengenalan program, sarana prasarana madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Matsama dilaksanakan mulai dari jenjang Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar yang baru. Oleh karena itu madrasah perlu mengisi kegiatan pengenalan yang bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa.
Melalui kegiatan matsama, siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, dan sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikan, keunikan dan keunggulan madrasah. Selain itu, kegiatan matsama juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.
——————-
Baca Juga
- Memahami Ulum Al-Qur’an
- Doa Rasulullah Ketika Melihat Bulan Sabit (Awal Bulan)
- Seriuslah dalam Berdoa
- Puasa Syawwal dan Keutamaannya
- Jika Kamu Tidak Pernah Kenyang
- Prioritaskan Allah, Maka Allah Akan Memprioritaskanmu
- Kamu Belum Hancur
- Menjemput Lailatul Qadar
- Mengurai Keutamaan 10 Hari Bulan Dzulhijjah dalam Al-Quran dan Hadits
- 3 Sikap Manusia Menghadapi Kesulitan dan Kejayaan
- Mendidik dengan Hati, Cinta dan Doa Ala Rasulullah saw
- Mengobati Demam Ala Rasulullah saw
——————-
Seluruh rangkaian kegiatan matsama harus didesain sedemikian rupa sehingga memberi pengalaman yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Untuk itu penyelenggaraan matsama harus merujuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
Tujuan
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan matsama adalah sebagai berikut:
- Mengenalkan lingkungan belajar kepada siswa baru untuk mengenali keadaan diri dan sosialnya agar memiliki kesiapan mental dan mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran.
- Menumbuhkan kebanggaan kepada siswa baru terhadap madrasah, memahami nilai- nilai kekhasan madrasah, mencintai madrasah, dan menjaga nama baik madrasah.
- Mengenalkan sembilan nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif, ramah, anti kekerasan fisik maupun psikis (bullying), dan menghargai harkat dan martabat kemanusiaan.
- Mengenalkan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), makanan dan minuman halal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin, dan tanggungjawab serta mental mandiri berprestasi
Materi
Untuk mencapai tujuan di atas, maka kisi-kisi materi matsama yang disampaikan kepada siswa baru sebagai berikut:
- Kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah):
a) Profil singkat madrasah (visi, misi, dan keunggulan madrasah);
b) Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran;
c) Tata tertib, nilai, dan norma yang berlaku;
d) Pengelolaan pembelajaran dan cara menyiapkan diri untuk belajar secara efektif;
e) Perkenalan dengan guru dan tenaga kependidikan; dan
f) Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.
g) Tautan panduan kemadrasahan (https://s.id/kemenag-jatim-Kemadrasahan) - Moderasi beragama yaitu cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa, dan bernegara yang harmoni dengan tetap menjaga;
a) Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan UUD 1945);
b) Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai pihak yang berbeda;
c) Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan; dan
d) Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.
e) Tautan panduan moderasi beragama (https://s.id/kemenag-jatim-ModerasiBeragama) - Nilai-nilai madrasah:
a) Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar;
b) Tata krama/berakhlak dalam pergaulan dan bermedia sosial;
c) Pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik maupun psikis (bullying), pelecehan seksual, korban Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), dan kebiasaan merokok; serta
d) Pengenalan pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik maupun psikis (bullying), pelecehan seksual, Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), dan merokok.
e) Tautan panduan nilai-nilai madrasah (https://s.id/kemenag-jatim-NilaiNilaiMadrasah) - Budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah:
a) Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengenalan makanan dan minuman halal di lingkungan madrasah;
b) Pembentukan sikap disiplin dan tanggungjawab;
c) Pengembangan mental maju, bermutu, dan mendunia;
d) Pengenalan literasi digital dan finansial.
e) Tautan panduan budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah
_____________
Download Pedoman MATSAMA Tahun Pelajaran : 2024/2025
_____________