Bukti Kinerja Pendidik pada Butir 04
Pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif dalam membangun keimanan, ketakwaan, komitmen kebangsaan, kemampuan bernalar dan memecahkan masalah, serta karakter dan kompetensi lainnya yang relevan bagi peserta didik.
Butir ini mengukur kinerja pendidik dalam:
- memfasilitasi peserta didik untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan untuk membentuk akhlak yang mulia melalui beragam pengalaman belajar.
- memfasilitasi peserta didik untuk menguatkan kecintaan terhadap sejarah, kekayaan budaya, alam Indonesia, pemikiran, dan karya anak bangsa melalui pengalaman belajar yang beragam.
- memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keingintahuan, serta kecintaan akan ilmu pengetahuan melalui pengalaman belajar yang bermakna dan reflektif.
- memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan memecahkan masalah melalui strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik berani bertanya, mau mencoba, dan berkarya.
- memfasilitasi pembelajaran yang mendorong peserta didik melakukan refleksi keterhubungan pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata untuk dapat berperan dan memberikan manfaat di lingkungannya
Karakter dan kompetensi pada poin-poin di atas perlu dibangun oleh pendidik tidak sebagai muatan atau konten. Proses belajar tidak terpaku pada menghadirkan peserta didik yang dapat menyebutkan berbagai contoh perilaku yang mencerminkan akhlak mulia atau hafal definisi tentang kekayaan budaya, melainkan terbangunnya nilai-nilai baik ini pada diri peserta didik serta pemahaman yang tepat dan mendalam. Proses membangun kemampuan ini dilakukan melalui berbagai praktik pengajaran, termasuk aktivitas interaktif, melalui pembiasaan, serta penerapan instruksi yang adaptif dan jelas.
PEMBUKTIAN
Indikator | Pembuktian Indikator | Link /Bukti Dukung |
1. memfasilitasi peserta didik untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan untuk membentuk akhlak yang mulia melalui beragam pengalaman belajar | Bukti 1. Melalui telaah dokumen diperoleh bukti kegiatan pembelajaran, kegiatan rutin maupun kegiatan insidental baik di tingkat kelas maupun tingkat sekolah, misalnya program pembinaan karakter, konservasi lingkungan, kegiatan pelayanan masyarakat, bimbingan dan konseling, dll, yang bertujuan untuk mengembangkan akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada alam. 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 siswa didapatkan informasi bahwa mereka telah berperan dalam penguatan keimanan dan ketakwaan yang dapat berupa kegiatan pembelajaran, kegiatan rutin maupun kegiatan insidental yang direncanakan guru dan siswa baik di tingkat kelas maupun tingkat sekolah. 3. Melalui observasi lingkungan sekolah teramati adanya kegiatan pembelajaran yang menguatkan keimanan dan ketakwaan, kegiatan rutin maupun kegiatan insidental yang direncanakan guru dan siswa baik di tingkat kelas maupun tingkat sekolah. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 atau bukti 1 + 3 terpenuhi | KSPProgram pembiasaan : program pembinaan karakter, konservasi lingkungan, kegiatan pelayanan masyarakat, bimbingan dan konseling, dll, yang bertujuan untuk mengembangkan akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada alamLingkungan sekolah/kelas yang mendukung program tersebut. Misal fasilitas sarpras dll |
2. memfasilitasi peserta didik untuk menguatkan kecintaan terhadap sejarah, kekayaan budaya, alam Indonesia, pemikiran, dan karya anak bangsa melalui pengalaman belajar yang beragam. | Kriteria 1. Melalui telaah dokumen diperoleh bukti bahwa guru memfasilitasi pembelajaran siswa untuk belajar tentang sejarah, kekayaan budaya, alam indonesia, pemikiran dan karya anak bangsa melalui kegiatan yang beragam seperti kunjungan lapangan, narasumber tamu, studi kasus, pembelajaran berbasis proyek, festival, dan lain-lain. 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 siswa diperoleh informasi keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan belajar terkait sejarah, kekayaan budaya, alam Indonesia, pemikiran dan karya anak bangsa. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 terpenuhi. | RPPDokumentasi sebagai bukti bahwa guru memfasilitasi pembelajaran siswa untuk belajar tentang sejarah, kekayaan budaya, alam indonesia, pemikiran dan karya anak bangsa melalui kegiatan yang beragam seperti kunjungan lapangan, narasumber tamu, studi kasus, pembelajaran berbasis proyek, festival, dan lain-lain.Proses pembelajaran |
3. memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keingintahuan, serta kecintaan akan ilmu pengetahuan melalui pengalaman belajar yang bermakna dan reflektif. | Bukti 1. Melalui telaah dokumen ditemukan bukti bahwa pendidik memantik rasa ingin tahu dan cinta pada pengetahuan pada siswa melalui hal-hal yang relevan, bermakna, dan reflektif. Bukti dapat ditemukan antara lain pada RPP melalui penggunaan pertanyaan pemantik, mendiskusikan fakta-fakta yang yang menarik, dll. 2. Melalui wawancara dengan siswa diperoleh informasi bahwa mereka merasa senang belajar dan ingin tahu lebih banyak. 3. Melalui observasi pada saat kegiatan pembelajaran, teramati bahwa siswa antusias dan kegiatan pembelajarannya mendorong siswa untuk bertanya dan ingin tahu. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 atau bukti 1 + 3 terpenuhi. | RPP (pertanyaan pemantik, pemahaman bermakna)Dokumen Bukti hasil pembelajaran (sswa aktif) |
4. memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan memecahkan masalah melalui strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik berani bertanya, mau mencoba, dan berkarya. | Bukti 1. Melalui telaah dokumen diperoleh bukti bahwa guru memfasilitasi pembelajaran siswa untuk mampu bernalar dan memecahkan masalah melalui berbagai strategi seperti pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan lain-lain.(RPP, ragam penilaian, hasil karya siswa, dokumentasi foto dan video) 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 pendidik ditemukan informasi bahwa pendidik telah memfasilitasi kegiatan yang memberi kesempatan siswa mengutarakan pendapat, mengkritisi gagasan, berbagi pengetahuan dengan sesama, berani mencoba dan berkarya, atau kemampuan lain yang relevan. 3. Melalui wawancara dengan siswa diperoleh hasil bahwa ia merasa aman untuk bertanya, mau mencoba dan belajar dari kesalahan 4. Melalui observasi di kelas diperoleh bukti bahwa siswa didorong untuk melakukan 3 dari beberapa hal berikut ini: berani bertanya, mengutarakan pendapat, mengkritisi gagasan, berbagi pengetahuan, mau mencoba dan belajar dari kesalahan, atau kemampuan lain yang relevan. Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 + 4 atau 1+3+4 terpenuhi | RPP (berbasis proyek, siswa aktif)LKPDDokumen pembelajaran (guru sebagai fasilitatir) |
5. memfasilitasi pembelajaran yang mendorong peserta didik melakukan refleksi keterhubungan pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata untuk dapat berperan dan memberikan manfaat di lingkungannya. | Bukti 1. Melalui telaah dokumen diperoleh contoh perencanaan dan pelaksanaan pembelajaraan yang menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. 2. Melalui wawancara dengan minimal 3 guru diperoleh informasi adanya penuturan siswa tentang pengalamannya merefleksikan pembelajaran di kelas, yang memperlihatkan bahwa ia dapat melihat keterhubungan antara pembelajaran dengan kehidupan nyata. 3. Melalui wawancara dengan minimal 3 guru diperoleh informasi tentang pengalaman guru menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. 4. Melalui wawancara dengan minimal 3 siswa diperoleh informasi tentang pengalaman siswa tentang mengerjakan proyek pembelajaran yang sesuai dengan konteks kehidupannya sehari-hari, atau sesuai dengan masalah yang siswa temui sehari-hari, atau dapat menyelesaikan masalah yang ditemui di sekitarnya. 5. Melalui observasi di kelas/lingkungan sekolah teramati contoh-contoh hasil karya siswa yang terdokumentasi Syarat keterpenuhan indikator: Indikator dapat dicentang saat bukti 1 + 2 + 3 + 5 atau 1 + 2 + 4 + 5 terpenuhi | RPP (berbasis proyek/ Problem Based Learning/Project Based Learning)Dokumen Proses PembelajaranProduk/ Hasil Pembelajaran Project |