• 081336163361
  • admin@gurupedia.my.id.
  • Lumajang Jatim
NEWS
Jawaban Modul 3.8 Mengolah dan Menyikapi Hasil Asesmen Membaca di Kelas Awal Skor 90

Jawaban Modul 3.8 Mengolah dan Menyikapi Hasil Asesmen Membaca di Kelas Awal Skor 90

Asesmen membaca di kelas awal adalah proses penting untuk mengidentifikasi kemampuan membaca siswa sejak dini. Proses ini membantu guru memahami sejauh mana kemampuan siswa dalam mengenali huruf, memahami kata, dan membentuk kalimat. Hasil asesmen ini sangat penting untuk menentukan langkah-langkah pengajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.

_______________________

Baca Juga

_______________________

Jawaban Modul 3.8 Mengolah dan Menyikapi Hasil Asesmen Membaca di Kelas Awal Skor 90

  1. Dalam kegiatan menyebut nama huruf, hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik adalah..
    A. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik
    B. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas
    C. Sikap peserta didik dalam menunjuk huruf yang disebutkan
    D. Menanda huruf yang dibaca benar dan yang dibaca salah

KUNCI : D

  1. Tingkat kesulitan di dalam asemen awal dimulai dengan tugas yang mudah ke tugas yang sulit agar…
    A. Peserta didik termotivasi untuk mengerjakan tugas
    B. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik
    C. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas
    D. Pendidik mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam kegiatan membaca

KUNCI : D

  1. Asesmen formatif dalam pembelajaran bertujuan untuk…
    A. Menentukan nilai di rapor
    B. Melihat kemajuan belajar dan melakukan pengelompokan kembali
    C. Membantu siswa yang kesulitan
    D. Memberi julukan/label pada siswa

KUNCI : B

  1. Untuk memetakan kemampuan peserta didik di awal tahun, pendidik harus melakukan
    A. Asesmen sumatif
    B. Asesmen akhir
    C. Asesmen awal pembelajaran
    D. Asesmen formatif saat pembelajaran

KUNCI : C

  1. Tujuan dari tugas kelancaran membaca dan pemahaman bacaan adalah..
    A. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami teks cerita melalui pertanyaan literal dan inferensial
    B. Untuk mengetahui kecepatan peserta didik dalam membaca
    C. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengenal bunyi dan bentuk huruf
    D. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam kelancaran membaca kata

KUNCI : A

  1. Berikut yang bukan lima komponen penting dalam kemampuan membaca kelas awal yaitu…
    A. Kata dan Paragraf
    B. Cerita kompleks
    C. Huruf dan Suku kata
    D. Cerita pendek

KUNCI : B

  1. Tugas yang dapat diberikan pendidik untuk mengukur kemampuan membaca kata adalah..
    A. Meminta peserta didik membaca sebuah daftar berisi 10 suku kata
    B. Meminta peserta didik menyebut 30 nama huruf
    C. Meminta peserta didik membaca 10 kata dari sebuah daftar
    D. Meminta peserta didik membacakan teks dengan nyaring

KUNCI : C

  1. Salah satu langkah dalam mempersiapkan asesmen awal kegiatan membaca adalah
    A. Meminta izin kepada setiap orangtua
    B. Membuat soal tes di luar kemampuan peserta didik
    C. Mempersiapkan jadwal dan lokasi asesmen
    D. Memetakan kemampuan peserta didik

KUNCI : C

  1. Bapak Rizki sedang membuat alur tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelasnya. Berikut cara yang tepat dalam menyusun tujuan pembelajaran, kecuali..
    A. Pengurutan dari tahap pertama sampai akhir dari sebuah prosedur
    B. Pengurutan dari mudah ke yang sulit
    C. Pengurutan dari konten yang konkret ke lebih abstrak
    D. Pengurutan dari konten yang kompleks ke yang lebih sederhana

KUNCI : D

  1. Langkah pertama dalam perancangan asesmen awal pembelajaran ialah
    A. Menentukan Instrumen asesmen
    B. Mempelajari Capaian Pembelajaran
    C. Merancang pembelajaran
    D. Membuat Alur Tujuan Pembelajaran

KUNCI : B

  1. Berikut hal yang benar dilakukan guru ketika siswa membuat tiga kesalahan atau lebih pada kelompok huruf pada asesmen adaptasi pratham.
    A. Guru memberikan tambahan waktu.
    B. Asesmen berakhir disini dan siswa dikelompok pemulaBayu sudah.
    C. Guru memperhatikan upaya siswa dalam menjawab.
    D. Asesmen dilanjutkan dan siswa diberi waktu tambahan.

KUNCI : B

  1. Bayu sudah dapat menggabungkan bunyi huruf untuk membaca suku kata dengan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan Bayu dalam
    A. Membaca kalimat yang panjang
    B. Mencocokkan bunyi huruf dengan bentuk yang tepat
    C. Mengajukan pertanyaan sesuai teks
    D. Mengeja suku kata untuk membaca KVKV

KUNCI : D

  1. Peserta didik yang belum menguasai suatu lingkup materi dapat diberi kesempatan untuk
    A. Mempelajari kompetensi pada tingkat yang lebih tinggi
    B. Mempelajari materi yang lebih mudah
    C. Melanjutkan materi saat ini
    D. Mempelajari materi yang lebih sult

KUNCI : B

  1. Saat peserta didik membuat tiga kesalahan pada kegiatan asesmen yang sedang dilakukan, hal itu berarti
    A. Terdapat kesalahan saat pendidik memberikan instruksi kegiatan
    B. Peserta didik sudah tidak termotivasi dalam melakukan kegiatan asesmen
    C. Peserta didik boleh melanjutkan ke tingkat selanjutnya
    D. Peserta didik belum menguasai tingkat kemampuan tersebut

KUNCI : D

  1. Berikut adalah lima komponen penting dalam kemampuan membaca kelas awal yaitu
    A. Suku kata, kalimat, paragraf, cerita pendek, cerita kompleks.
    B. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita pendek.
    C. Suku kata, kata, kalimat, cerita pendek, cerita panjang.
    D. Huruf, kata, paragraf, cerita fiksi, cerita non fiksi

KUNCI : B

  1. Pada kemampuan membaca paragraf, pendidik dapat menyiapkan tugas berupa…
    A. Sepuluh suku kata dari buku teks
    B. Teks yang panjang dan menantang
    C. Empat kalimat sederhana
    D. Sepuluh kata dari buku teks

KUNCI : C

  1. Berikut beberapa kegiatan yang dapat pendidik berikan kepada peserta didik lain saat pendidik melakukan kegiatan membaca terbimbing pada satu kelompok, kecuali…
    A. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang mereka minati
    B. Memberikan tugas mandiri terkait dengan materi yang sedang diajarkan
    C. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk memilih bacaan yang sesuai dengan kemampuannya
    D. Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan peserta didik

KUNCI : A

  1. Fungsi dari semen awal pembelajaran adalah:
    A. Untuk membantu pendidik dalam merencanakan pembelajaran yang berpusat pada murid
    B. Untuk meningkatkan mutu sekolah
    C. Untuk memenuhi kebutuhan administrasi peserta didik
    D. Untuk membanding-bandingkan kemampuan peserta didik

KUNCI : A

  1. Ibu Vira ingin melakukan asesmen awal pembelajaran untuk melihat kemampuan menulis peserta didik di kelasnya, la pun sudah memiliki materi pembelajaran dari tahun-tahun sebelumnya. Apakah Ibu Vira dapat menggunakan materi yang sama?
    A. Tidak, karena materi pembelajaran belum tentu sesuai dengan kemampuan peserta didik Bu Vira saat ini
    B. Ya, karena materi pembelajarannya sudah sesuai dengan capaian pembelajaran saat ini
    C. Ya, karena materi pembelajarannya sesuai dengan perkembangan zaman
    D. Tidak, karena materi pembelajaran sebelumnya tidak dirancang oleh Bu Vira

KUNCI : A

  1. Setelah melakukan asesmen awal pembelajaran, Ibu Yuni menemukan perbedaan kemampuan membaca pada setiap peserta didik. Menyikapi hal tersebut, Ibu Yuni membuat kelompok belajar sesuai dengan kemampuan membaca peserta didiknya. Kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh Bu Yuni adalah dengan menyesuaikan.
    A. Ruang lingkup materi pembelajaran
    B. Proses pembelajaran
    C. Produk hasil belajar
    D. Mengkondisikan lingkungan belajar

KUNCI : A

Leave a Reply