KMA 450 Tahun 2024 Pedoman Implementasi Kurikulum Pada RA, MI, MTS, MA, dan MAK
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan diselenggarakan dengan prinsip memberi keteladanan, membangun motivasi, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran.
Kementerian Agama memberikan otonomi kepada pengelola madrasah dan segenap pemangku kepentingan untuk mengelola madrasahnya secara mandiri, kreatif, dan inovatif. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran yang konstruktif, humanis, dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kearifan lokal.
Untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, Kementerian Agama menerbitkan Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan untuk memberikan arah bagi madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. (ADMIN)
——————-
Baca Juga
- Luka yang Sembuh karena diludahi Rasulullah saw
- Menjadi Ummat Terbaik Menurut Rasulullah
- Doa Rasulullah Ketika Melihat Bulan Sabit (Awal Bulan)
- Seriuslah dalam Berdoa
- Puasa Syawwal dan Keutamaannya
- Jika Kamu Tidak Pernah Kenyang
- Prioritaskan Allah, Maka Allah Akan Memprioritaskanmu
- Kamu Belum Hancur
- Menjemput Lailatul Qadar
- Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an
- Doa Rasulullah Ketika Melihat Bulan Sabit (Awal Bulan)
——————-
Kurikulum merupakan landasan utama dalam proses pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Sebagai kerangka acuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, kurikulum harus selalu dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan, serta tantangan zaman.
Pedoman Implementasi Kurikulum ini disusun untuk memberikan panduan kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan, khususnya guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya, dalam menerapkan kurikulum secara efektif dan efisien. Pedoman ini berisi prinsip-prinsip dasar, strategi implementasi, serta langkah-langkah operasional dalam melaksanakan kurikulum di tingkat satuan pendidikan. Dengan panduan ini, diharapkan setiap proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, yakni membentuk generasi yang cerdas, berkarakter, dan kompeten.
Maksud dan Tujuan
Maksud Pedoman ini dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada pengelola madrasah dan pemangku kepentingan untuk mengelola kurikulum madrasah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pedoman ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, dan akhlak mulia, serta menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.
________________________
Untuk Mendownload KMA 450 Tahun 2024 Klik DISINI